Segmentasi
pasar yang dilakukan oleh Lapis Bogor Sangkuriang adalah berdasarkan aspek
demografis, aspek psikografis, dan aspek perilaku. Segmentasi pasar berdasarkan
demografis yaitu keluarga dan remaja, sedangkan segmentasi pasar berdasarkan aspek
psikografis terdiri dari kelas sosial dan gaya hidup. Dari kelas sosial, segmen
yang dipilih oleh Lapis Bogor Sangkuriang adalah kelas bawah, menengah dan
atas. Perubahan gaya hidup terutama pola konsumsi masyarakat yang tidak
memiliki banyak waktu untuk mengelola makanannya sendiri seiring dengan
peningkatan aktivitas di luar rumah sehingga mendorong masyarakat untuk
mengkonsumsi makanan di luar rumah. Segmentasi pasar berdasarkan aspek perilaku
terdiri dari manfaat dimana konsumen mencari manfaat berupa kualitas produk,
pelayanan, dan kecepatan.
Targeting
adalah suatu tindakan memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki.
Target pasar utama Lapis Bogor Sangkuriang adalah remaja dan keluarga yang
berkunjung ke Bogor. Positioning
merupakan tahap dimana perusahaan menentukan posisi yang diinginkan dalam
pasar. PT. Agrinesia Raya ingin menempati posisi sebagai perusahaan Cakery yang
menyediakan oleh-oleh khas kota Bogor dengan produk yang memiliki cita rasa
yang khas, dan pelayanan yang memuaskan serta harga yang terjangkau oleh semua
kalangan masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar